Proses Pemantauan Rukyatul Hilal Awal Bulan Ramadhan di Kota Palembang

LFNU Palembang Pantau Proses Rukyatul Hilal Awal Bulan Ramadhan di Kota Palembang

NU Palembang Online – Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Palembang melakukan Rukyatul Hilal penentu 1 Ramadhan, di Rooftop Hotel Aryaduta Palembang, Minggu (10/3/2024).

Kegiatan ini merupakan rutinitas oleh Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Selatan dan LFNU Palembang, salah satu ikut kegiatan ini setiap tahunnya, penentuan awal bulan suci Ramadhan, adapun tahun ini secara kultural senantiasa ikut LFNU PBNU mengisbatkan awal Ramadhan hari Selasa 12 Maret 2024.

Hilal tidak terlihat di kota Palembang karena faktor geografis, karena dataran rendah di kota Palembang, sulit terlihat hilal karena jauh dari pantai, belum ada dari masa ke masa hilal terlihat di kota Palembang yang terlihat dari Kemenag Sumsel maupun Lembaga Falakiyah NU.

Ketua LFNU Palembang Setiawan, M.H mengatakan sebagai orang berwarga negara Republik Indonesia mengikuti ketetapan Pemerintah, yang mana ketepatan Pemerintah dan PBNU itu sama walaupun dari ormas lain dan golongan lain itu punya perhitungan yang berbeda, kita tetap menghargai perbedaan itu.

“Saya berharap kedepan secara internal semoga kedepannya bisa memiliki alat-alat sendiri, dari teropong biasa sampai teleskop dan sebagainya, agar bisa melaksanakan Rukyatul Hilal di titik yang berbeda, kedepannya tidak hanya di satu titik kota Palembang tetapi di 17 kabupaten Sumatera Selatan dan juga tidak hanya menentukan 1 Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah, tetapi menentukan awal bulan Hijriah,” Kata Ustad Setiawan. (Okta)

BACA JUGA:  PMII Komisariat Politeknik Prasetya Mandiri Sukses Gelar RTK

Check Also

LPPNU Palembang Launching “RASNU”

NU Palembang Online – Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Kota Palembang di Kosgoro Group …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *