Majelis Dzikir Ratib Al-Haddad MWC NU Kalidoni

Minimalisir Kegiatan Kurang Bermanfaat di Malam Tahun Baru, MWC NU Kalidoni Gelar Majelis Dzikir Ratib Al-Haddad

NU Palembang Online – Kegiatan rutin bulanan Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Kalidoni yaitu mengadakan acara Majelis Dzikir Ratib Al-Haddad MWC NU Kalidoni yang dilaksanakan pada, Ahad Malam, (31/2023) yang bertempat di Musholla Fathul Huda, Jl. Tanjung Sari 2 , Kel. Bukit Sangkal Kec. Kalidoni Kota Palembang.

Ketua MWC NU Kalidoni Muhamad Setiawan selaku Pimpinan Dzikir Ratib Al-Haddad sekaligus memberikan sekelumit sejarah NU Palembang dan sejarah masuknya Ratib Al-Haddad di Palembang, dalam kesempatan tersebut ia menjelaskan Ratib Al-Haddad ini merupakan rutinitas dari MWC NU Kalidoni yang sudah hampir setahun dijalankan.

“Hanya saja malam ini yang bertepatan dengan akhir tahun 2023 Masehi untuk mengurangi kegiatan yang kurang manfaat yang dilakukan oleh sebagian masyarakat dan juga untuk mengurangi kegiatan yang mengarah pada kemaksiatan dan sebagainya,” Ujarnya.

Majelis Dzikir Ratib Al-Haddad MWC NU Kalidoni

Ustad Setiawan menjelaskan Majelis Dzikir Ratib Al-Haddad yang bertepatan dengan malam tahun baru Masehi ini lantaran untuk meminimalisir kegiatan yang kurang bermanfaat.

“Maka MWC NU Kalidoni mengadakan kegiatan Ratib Al-Haddad ini, tapi walaupun kita berdzikir pada malam hari ini kita bukan diniatkan untuk menghidupkan malam yang secara notabane nya bukan malam yang diagungkan dalam agama kita tapi untuk meminimalisir dari keburukan maka haris ditonjolkan kebaikan, sebagaimama kaidah ushul fiqh itu Dar’ul mafasid bainal muqaddam ala min jal bil mashalih menolak kemudharatan lebih diutamakan daripada mengambil mnfaat,” Pungkasnya.

BACA JUGA:  Delapan Hal yang Dapat Membatalkan Puasa

Tausiyah seputar Dzikir Ratib Al-Haddad pada kesempatan tersebut disampaikan oleh Ustad Tito Sulaiman selaku ketua ranting NU Kelurahan Bukit Sangkal.

Turut hadir dalam acara ini  Katib Syuriyah MWC NU Kalidoni, Ustad Ainal Fitra dan Ustad Santoso tokoh NU di Kecamatan Kalidoni sekaligus tuan rumah sebagai pengurus Musholla Fathul Huda. (Ali)

Check Also

Kemuliaan Bulan Muharram dan 20 Peristiwa yang Perlu Diketahui

NU Palembang Online – Muharram merupakan bulan pertama dari 12 bulan yang ada dalam penanggalan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *