Delapan Pesantren Pilihan untuk Nyantri di Kota Palembang

NU Palembang Online – Kota Palembang semakin memperkuat posisinya sebagai pusat pendidikan agama Islam dengan keberadaan sejumlah pondok pesantren yang ada.

Palembang menawarkan banyak pilihan pesantren berkualitas yang menjadi tempat ideal bagi para santri untuk menimba ilmu agama.

Dari sejumlah pondok pesantren yang ada di Kota Palembang, NU Palembang Online merekomendasikan bagi orang tua atau wali santri yang ingin menitipkan anaknya di Pondok Pesantren.

Terdapat delapan pondok pesantren di Kota Palembang yang telah meraih penghargaan dari Forum Pondok Pesantren Sumatera Selatan (FORPESS) dengan memiliki spesialis masing-masing diantaranya :

1. Pesantren Al- Amalul Khair

Pesantren Al – Amalaul Khair merupakan pesanter tertua yang ada di Kota Palembang, didirikan pada tahun 1970, dan terletak di tengah Kota yang berlokasi di Jl. Lunjuk Jaya Kel. Lorok Pakjo Kec. Ilir Barat I Palembang.

Proses belajar mengajar di pondok pesantren ini memakai kurikulum yang berlaku sesuai aturan dinas pendidikan seperti sekolah umum lainnya dan tentu ditambah dengan ilmu-ilmu agama.

Di pondok pesantren ini juga terdapat kegiatan ekstrakulikuler seperti sekolah umum lainnya diantaranya yaitu belajar karate, basket, futsal, media belajar kelompok, kaligrafi, dan lain sebagainya.

Pesantren Al-Amalul Khair memiliki staf pengajar ustad atau ustadzah serta guru yang berpengalaman dibidang pelajarannya masing-masing sehingga berkualitas dan menjadi salah satu pesantren terbaik di kota Palembang.

Di pondok pesantren ini juga terdapat fasilitas-fasilitas dari ruang kelas yang nyaman, asrama putra dan asrama putri, laboratorium praktikum, perpustakaan, lapangan olahraga, kantin, masjid, lab komputer dan lainnya.

2. Pesantren Aulia Cendekia

Pesantren Aulia Cendekia dikategorikan sebagai pesantren terbesar di Kota Palembang oleh DPD FORPESS Palembang, hal itu dilatarbelakangi dengan memiliki 3 Kampus yang berlokasi di Talang Jambe dan setiap tahunnya kurang lebih memiliki 1.500 orang santri baik mukim maupun non mukim, yang belajar di Pesantren Aulia Cendekia.

Pesantren Aulia Cendekia didirikan oleh KH. Hendra Zainuddin Al-Qodiri pada tahun 2007. Pesantren Aulia Cendekia selain diselenggarakan pendidikan menghafal serta mengkaji ulum al-Qur’an dan kitab kuning juga dilaksanakan jenjang pendidikan formal, mulai dari Madrasah Ibtidaiyah (setingkat SD), Madrasah Tsanawiyah (SMP) dan Madrasah Aliyah (setingkat SMA). 

Pesantren Aulia Cendekia memiliki visi mencetak kader ulama shaleh nan cendekia yang halal al-Qur’an beserta ulumul Qur’an serta mampu mengaktualisasikannya dalam masyarakat. Sedangkan misinya meliputi: 1). Menyiapkan calon ulama’ cendekia masa depan yang mampu menghafal al-Qur’an denga dasar iman, akhlak da takwa. 2). Meningkatkan pegetahuan ulumul Qur’an sesuai dengan perkembangan zaman. 3). Menjadikan pesantren Aulia Cendekia sebagai pesantren pengembangan pendidikan yang memiliki kompetensi khusus dalam bidang ulumul Qur’an dan Bahasa Arab.

BACA JUGA:  Khidmat, Puncak Harlah Ke-17 Pesantren Aulia Cendekia Jadi Momentum Syukur

Pesantren Aulia Cendekia sebagai pusat penghafalan dan pengkajian al-Qur’an saat ini telah menyelenggarakan jenjang pendidikan, mulai dari Madrasah Diniyah (MD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Saat ini KH. Hendra Zainuddin, S.Ag, M.Pd.I telah menyiapkan tanah hibah kurang lebih seluas 1,5 hektar untuk pengembangan Pesantren Aulia Cendekia di kampus C yang tidak jauh dari kampus B. Hingga saat ini jumlah santri, baik mukim maupun non mukim, yang belajar di Pesantren Aulia Cendekia berjumlah 1.500 orang santri.

3. Pesantren Assanadiyah

Pondok Pesantren Assanadiyah mendapatkan penghargaan dari DPD FORPESS Kota Palembang sebagai Pondok Pesantren terlengkap programnya mulai dari MI, SMP, MTS, SMA, SMK, MA, Perguruan Tinggi Stikes, Klinik, dan Apotek, pemberian penghargaan tersebut diadakan di Pondok Pesantren Aulia Cendekia Jalan Talang Jambe Palembang.

Pondok Pesantren Assanadiyah memiliki staf pengajar uztad/uztazah serta guru yang kompeten pada bidang pelajarannya masing-masing sehingga berkualitas dan menjadi salah satu pesantren terbaik di Kota Palembang. Tersedia juga berbagai fasilitas seperti ruang kelas yang nyaman, asrama yang nyaman, laboratorium praktikum, perpustakaan, lapangan olahraga, kantin, masjid dan lainnya.

4. Pesantren Al-Lathifiyyah

Pesantren Al-Lathifiyyah Palembang dikategorikan sebagai pesantren Tahfizh Terbaik, hal itu dikarenakan mereka yang memiliki visi menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup untuk meraih kebahagiaan dunia dan akhirat, dan Misi Mencetak generasi Qur’ani yang bermanfaat bagi agama, nusa, dan bangsa, Membumikan dan mensyiarkan Al-Qur’an dalam kehidupan masyarakat.

Pesantren yang berlokasi di Jalan Swadaya Lr Pinang Raya II A No 44/80 Kelurahan Talang Aman Kecamatan Kemuning Palembang ini memiliki tujuan diantaranya :

a. Membentuk insan fashih dalam membaca Al-Qur’an.
b. Menciptakan generasi yang mampu memahami Al-Qur’an
c. Menciptakan generasi yang mampu mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

5. Pesantren Jami’atul Qurro’

Pesantren Jami’atul Qurro’ dikategorikan sebagai  pesantren Qori-Qoriah terbaik, disana terdapat program pokok yakni setelah santri dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, santri baru di perbolehkan menghafal Al-Qur’an. Program ini berupa tahfizh Al-Qur’an, yakni menghafal Al-Qur’an berdasarkan mushaf usmani dari juz 1 hingga juz 30,

BACA JUGA:  PMII Komisariat Politeknik Prasetya Mandiri Sukses Gelar RTK

Dan terdapat program penunjang, yang mana Program ini antara lain adalah program tambahan yang diharapkan setelah santri diberikan materi penunjang mereka lebih mudah dalam memahami isi kandungan Al-Qur’an serta dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga santri dapat melaksanakan ibadah kepada Allah SWT sesuai dengan tuntunan ajaran islam. Program penunjang yang diberian kepada santri yaitu berupa, kajian ilmu Qur’an, Fiqih, Akidah, Akhlak, Tilawah, Hadroh, Tapak Suci, Futsal dan lalin-lain.

Pondok Pesantren Al-Qur’an Jamiatul Qurro memiliki visi mencetak generasi Qur’ani yang melahirkan kader qori/qori’ah, hafizh/hafizha, da’i/da’iah yang handal dan siap tampil di masyarakat.

Dan miai dari Pondok Pesantren Al-Qur’an Jamiatul Qurro’ adalah Mendidik generasi Qur’ani yang cinta Allah dan Rasul. Mempersiapkan generasi Qur’ani yang berakhlaqul karimah, berprestasi, berilmu dan beramal sesuai dengan Al-Qur’an dan sunnah., dan Menggali bakat dan keemampuan santri untuk menjadi Qori’/Qori’ah, hafizh/hafizha, da’i/da’iah yang bermanfaat bagi masyarakat.

Pesantren Al-Qur’an Jamiatul Qurro’ Palembang memiliki tujuan bagi para santri Supaya lebih fasih dalam membaca al-Qur’an, agar dapat memahami Al-Qur’an lebih mendalam lagi, dan dapat mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

6. Pesantren Muqimussunnah

Pondok pesantren muqimus Sunnah diresmikan pada tanggal 29 Desember 2008. Yang beralamat di Jalan Depaten Lama No. 147 27 Ilir, Ilir Barat 2 Kota Palembang (Kampus 1: Kampus Putri)

Saat ini pondok pesantren muqimus sunnah memiliki 3 kampus, Kampus ke 2 beralamat di Jalan Azhari, 12 Ulu (Khusus penghafal Al-Quran) dan Kampus ke 3 beralamat di Jalan Melaburi, Kenten Laut (Kampus Putra).

Pondok Pesantren Muqimus Sunnah memiliki Unit-Unit usaha yaitu:

1. Zai (Air Khotmul Quran)
2. Green House Z Farm (yang sudah bekerja sama dengan Diamond supermarket)
3. Ya’ Cake and Bakery (menjual frozen food)
4. Wardah (Warung Ibadah) ; Minimarket Muqimus Sunnah
5. Nun Laundry
6. Bank Mini (mengatur penyimpanan keuangan santri dan asatidz)
6. KBIHU ASWAJA (Umroh, Haji Reguler dan Haji Plus)
7. PPMS_TV (jasa multimedia)

7. Pesantren Ki Marogan

Pondok Pesantren Ki Marogan diberikan penghargaan Pesantren Agro Wisata oleh DPD Forpess Kota Palembang, hal itu lantaran Pondok Pesantren Ki Marogan membangun sebuah komplek wisata baru yang diberi nama Pondok Marogan.

BACA JUGA:  Apresiasi Perda Pondok Pesantren, KH Affandi : Ini Akan Sangat Membantu

Penamaan Pondok Marogan sendiri merupakan akronim dari kata “Mancing, Resto dan Dogan” 3 hal yang bisa anda rasakan langsung saat datang ke sini.

Berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 1,5 hekta, aliran Sungai Talang Betutu yang mengelilingi pesantren ini seolah menjadikannya seperti sebuah pulau yang menambah daya eksotisnya.

Sejumlah fasilitas di Pondok Marogan patut dicoba, diantaranya ada arena panahan, menyusuri sungai talang betutu dengan perahu, memancing, flying fox, wisata religi melihat kegiatan para santri hingga kulineran.

Beberapa sudut bangunan atau fasilitas yang bernuansa kayu juga apik untuk dijadikan background foto bersama atau sekedar swafoto, seperti rumah suluk serta gazebo atap berbentuk segitiga yang dibangun di tepi sungai.

Selain menjadi objek wisata baru di Kota Palembang, Pondok Marogan juga bisa menjadi alternatif wisata religi baru yang patut anda coba.

8. Pesantren Pesantren Ar-Rahman

Pesantren Ar-Rahman didirikan pada 25 juni 1995, yang menjadi ciri khas dari pesantren ini ialah memiliki Program Rehabilitasi Narkoba.

Hakikat dari pembangunan pondok pesantren ar-rahman adalah mendidik, membina, mengasuh anak didik dan menampung serta sebagai tempat penyadaran remaja bahkan anak anak korban penyalahgunaan narkoba yang mereka tersebut dibina dan dibimbing, diarahkan agar nantinya menjadi generasi rabbani (generasi yang berketuhanan) artinya mempunyai keyakinan yang tinggi dan kembali kepada fitrah di tengah tengah keluarga secara normal dengan dibekali nilai nilai agama dan diharapkan membuat rasa aman di masyarakat.

Kemudian dalam kelas tertentu para santri diberikan pengetahuan dasar, bagaimana dan apa bahaya dari narkoba dan bagaimana supaya anak anak santri menghindarinya, dan masalah penanganan remaja remaja pesakitan dalam teknik teknik umum rehabilitasi, walaupun dalam tahap tahap dasar, yang diharapkan nantinya akan dapat dijadikan sebagai SDM bagi pondok pesantren ar-rahman serta dapat dimanfatkan di lingkungan keluarga dan masyarakat sebagai wujud kepedulian santri terhadap bangsa dan Negara dalam memerangi dan merehabilitasi para korban narkoba. Selanjutnya untuk kegiatan luar, santri santri bersosialisassi dengan masyarakat umum, yang heterogen pola pikiranya tentang pemahaman keagamaan dan berusaha memberikan sumbangsih pengetahuan agama melalui dakwah dan lain-lain. (Ali)

Check Also

Ketum PMII Doakan Ponpes Minhajul Aulia

NU Palembang Online – Doa dan dukungan terhadap pembangunan Pondok Pesantren (Ponpes) Minhajul Aulia Palembang …

2 comments

  1. Alhamdulillah, semoga Allah berikan Ridho dan Kesalahan dalam perjalanan membina pondok pesantren di wilayah Sumatera Selatan khususnya di kota Palembang ini. Aamiin.

  2. Alhamdulillah, semoga Allah tetap berikan Ridho dan Kesabaran dalam membina dan memajukan pondok pesantren di wilayah Sumatera Selatan khususnya di kota Palembang ini hingga dapat meningkatkan pengelolaan dan prestasinya di masa mendatang ini. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *