Ziarah Makam Raden Intan II

PCNU & Muslimat NU Kota Palembang Ziarahi Makam Raden Intan II

NU Palembang Online – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Palembang bersama PC Muslimat NU Kota Palembang Ziarahi makam Raden Intan II di Desa Gedungharta, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan, Rabu (6/3/2024).

Raden Intan II adalah sosok pahlawan nasional kebanggaan masyarakat Lampung yang gigih melawan Belanda di usia yang sangat belia.

Dalam beberapa catatan sejarah disebutkan bahwa Raden Intan II mulai melakukan perlawanan mengusir Belanda sesaat setelah dinobatkan sebagai Ratu Negara Ratu di Lampung.

Dikutip dari wikipedia, Raden Intan II masih keturunan Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati dari perkawinannya dengan Putri Sinar Alam, seorang putri dari Ratu Pugung dari Kebandaran Keratuan Pugung, yang melahirkan Muhammad Aji Saka gelar Ratu Darah Putih.

Ratu Darah Putih Menikahi Tun Penatih, memiliki Putra Sulung bernama Ratu Batin Ratu Radin Imba Kesuma Ratu I, lalu dari Radin Imba I memiliki Putra Dalom Kesuma Ratu I, dari Dalom Kesuma Ratu I memiliki Putra Sulung Radin Intan I.

Radin Intan II adalah putra tunggal Radin Imba II (28-34). Radin Imba II sendiri putra sulung Radin Intan I gelar Dalam Ratu Kesuma, Dengan demikian, Radin Intan II cucu dari Radin Intan I.

BACA JUGA:  Lailatul Ijtima' PCNU Palembang dan Doa 40 Hari Wafatnya Ibunda Pj Walikota Palembang

Ketua PCNU Kota Palembang, KH. Hendra Zainuddin Al-Qodiri beryukur atas terlaksananya ziarah bersama PC Muslimat NU Palembang tersebut, ia mengatakan kedepan agar dapat berziarah lagi ke tempat-tempat lainnya.

“Alhamdulillah, hari ini kita berkesempatan untuk ziarah ke Makam Raden Intan ini, yang diinisiasi oleh PC Muslimat NU Palembang,” Kata Kiai Hendra. (Ali)

Check Also

Sowan ke Ketua PCNU Palembang, PMII UIN Raden Fatah Minta Kiai Hendra Berikan Materi Aswaja di Mapaba

NU Palembang Online – Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PK PMII) komisariat UIN Raden …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *